PEMASARAN
Makalah Ini Disusun Untuk Memenuhi
Tugas Mata Kuliah
Pengantar Bisnis
Dosen Pengampu : Selvia Nuriasari, M.
SI
Disusun Oleh Kelompok 5 :
1. Angga
Defri Prastya
2. Dita
Damaiyanti
3. Intan
Nairobi
4. Putri
Lusiana Prihandini
Kelas
D
Program
Studi Ekonomi Islam
Jurusan
Syariah
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
JURAI
SIWO METRO
2012/2013
KATA PENGANTAR
Syukur Alhamdulillah kita panjatkan kehadirat
Allah SWT yang telah memberi nikmat dan hidayah kepada kita semua sehingga kita
dapat menyelesaikan tugas makalah ini.shalawat dan salam tidak lupa kami
hanturkan kepada nabi Muhammad saw yang telah membawa kita dari aman kegelapan
menuju zaman yang terang benderang.
Dan
tidak lupa kami mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada Ibu
Selvia Nuriasari, M. SI telah membimbing kami dalam mata kuliah pengantar
bisnis sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul Pemasaran,
makalah ini dibuat agar dapat mengetahui tentang pengertian belajar faktor yang
dapat mempengaruhi siswa dalam belajar.
Demi kesempuraan makalah ini, kami mengharapkan
kritik dan saran dari pembaca karena kami hanyalah manusia biasa yang tak luput
dari kesalahan. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca.
Metro, Oktober 2012
Penyusun
PENDAHULUAN
A. Sejarah
Perusahaan
Delustichi (nama
usaha yang direncanakan) merupakan suatu usaha yang direncanakan oleh suatu
kelompok untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Bisnis, di Sekolah Tinggi
Agama Islam Negeri Jurai Siwo Metro. Berawal dari kesukaan mengkonsumsi bayam,
mulai dari membuatnya menjadi sayur, lauk-pauk dan lalapan, kami merasa
tertantang untuk menyediakan sebuah produk dari bayam yang berupa makanan
ringan yaitu kripik.
Lokasi usaha
direncanakan di Kampus Kota Metro, dengan nama Spinacia Wow. Konsumen dari usaha ini meliputi
semua kalangan.
B. Visi
:
1.
Meningkatkan pendayagunaan dari bayam
menjadi makanan ringan yang disukai oleh semua kalangan.
2.
Dapat mendapatkan keuntungan dari hasil
penjualan.
3.
Memuaskan pelanggan dengan kripik bayam
yang kami buat.
Misi :
1.
Menjaga dan meningkatkat pelayanan baik
dalam segi rasa maupun kualitas.
2.
Meningkatkan kepuasaan konsumen
3.
Memenuhi kepercayaan konsumen terhadap
usaha kami
ASPEK PEMASARAN
A. Gambaran
Umum Pasar
1.
Segmen Pasar
Berdasarkan
kondisi saat ini, maka kami, Delustichi,
memfokuskan penjualan kepada semua kalangan, yaitu baik mahasiswa, dosen,
anak-anak, hingga orang dewasa.
2.
Target pasar
Segmen pasar pada perusahaan kami
adalah mahasiswa dan dosen, karena penentu utama terjadinya transaksi adalah
faktor harga, maka Delustichi dapat memberikan harga murah dan rasa yang tidak
mengecewakan. Dengan diskon pada nominal pembelian lebih dari satu pack.
3.
Positioning
Delustichi menjual kripik bayam
renyah dan gurih. Sebagian besar usaha yang menekuni bisnis ini berukuran
menengah kebawah oleh karena itu butuh inovasi dalam memberikan mutu yang
terbaik. Baik dari segi bahan dasarnya maupun rasa yang menggugah selera.
Dengan demikian usaha akan dituntut
untuk selalu menjaga kualitas rasa dan pelayanan terhadap konsumen. Dan
dituntut untuk tidak menekan harga yang membuat konsumen merasa terbebani
B. Permintaan
Hari
|
Perkiraan Permintaan
( dalam Unit )
|
1
|
16
|
2
|
40
|
3
|
60
|
4
|
80
|
C. Penawaran
Hari
|
Perkiraan
Penawaran ( dalam Unit )
|
1
|
10
|
2
|
20
|
3
|
30
|
4
|
40
|
D. Rencana
penjualan dan pangsa pasar
Hari
|
Permintaan
(A)
|
Penawaran
(B)
|
Peluang
(C = A-B)
|
Rencana
Penjualan
|
Pangsa Pasar
(E=DX100% / C)
|
11
|
25
|
15
|
10
|
6
|
1,6
%
|
22
|
35
|
29
|
20
|
15
|
0,7%
|
33
|
60
|
30
|
30
|
25
|
0,8%
|
E. Strategi
Pemasaran Perusahaan dan Pesaing
1.
Produk
Pembuatan produk
ini berbahan dasar bayam segar yang diambil langsung dari kebun. Proses
pembuatannya menggunakan bayam sebagai bahan dasarnya dengan dilumuri tepung
yang telah diberi bumbu-bumbu racikan. Bayam yang diproduksi berukuran lebih
besar sehingga lebih memuaskan. Bayam yang digunakan adalah bayam organik
sehinnga sangat sehat untuk dikonsumsi. Bayam yang sudah diolah atau diproduksi
akan dikemas kedalam plastik berukuran sedang.Baya yang sudah jadi kripik,
rasanya gurih dan renyah. Dan dijamin sangat cocok digunkan untuk cemilan
ataupun lauk makan.
2. Price
Harga yang ditawarkan untuk keripik
bayam produksi kami yang berukuran sedang diberi harga Rp 500,- perbuah. Yang
didalam terdiri dari 3 sampai 4 buah kripik bayam. Untuk penjualan dalam jumlah
banyak, kami memeberikan potongan harga 5% dari harga jual yang sesungguhnya.
3. Promotion
Untuk kegiatan promosi, kami
menggunakan strategi door to door. Ini sangat memudahkan kami, karena kami
berada di ruang lingkup kampus yang didominasi oleh mahasiswa-mahasiswi nya.
Dan kami dapat langsung bertatap muka dan langsung mempromosikan produk kami.
4. Placement
Kami mendistribusikan produk kami
secara langsung ke tangan konsumen, dan juga melalui perantara yaitu melalui
pedagang lain.
5. People
Sumber Daya
Manusia yang dibutuhkan minimal 6 orang.
ASPEK
ORGANISASI DAN MANAJEMEN
A. Aspek
Organisasi
1.
Nama Perusahaan : DELUSTICHI
2.
Nama Pimpinan : Angga Defri Prastya
3.
Alamat kantor : jl. Sadewa no. 2 Mulyojati Metro Barat
ASPEK PRODUKSI
1.
Proses produksi
Ø Bahan-bahan:
1)
Bayam segar.
2)
Tepung beras.
3)
Tepung bumbu.
4)
Penyedap rasa.
5)
Air secukupnya.
6)
Minyak goreng secukupnya.
Ø Alat
yang digunakan :
1)
Penggorengan
2)
Spatula
3)
Serokan
4)
Kompor gas
5) Tabung gas elpiji
Ø Cara
membuat kripik bayam :
1)
Memilih jenis bayam yang akan dibuat
kripik.
2)
Pisahkan daun bayam dari batangnya.
3)
Membersihkan bayam yang sudah dipilih
untuk dijadikan kripik
4)
Masukkan daun bayam kedalam air yang
sudah diberi penyedap rasa kemudian tiriskan.
5)
Campurkan tepung beras dan tepung bumbu.
6)
Kemkudian masukkan bayam kedalam tepung
yang dicampurkan tadi.
7)
Panaskan minyak dalam keadaan stabil.
8)
Kemudian masukkan bayam yang sudah
dilumuri tepung tadi kedalam minyak yang sudah panas
9)
Angkat dan tiriskan, tunggu hingga panasnya
hilang kemudian kemas kedalam plastik.
ASPEK KEUANGAN
1.
Sumber Pendanaan
Uraian
|
Persentase (rupiah)
|
Jumlah
(c=a + b)
|
|
(a)
Berupa uang tunai
|
(b)
Berupa peralatan dan perlengkapan
|
||
1) Modal
sendiri
|
Rp
50.000
|
-
|
Rp
50.000
|
2) Pinjaman
|
-
|
-
|
-
|
Jumlah (1+2)
|
Rp
50.000
|
-
|
Rp
50.000
|
0 komentar:
Posting Komentar