Kamis, 24 April 2014

Tagged Under:

SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI DI PERBANKAN

By: Unknown On: 18.20
  • Share The Gag
  • SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI DI PERBANKAN
    Makalah ini disusun guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah
    It For Business
    Dosen Pembimbing : Agus Hamdani, S. Ag,. MH


     
    DI SUSUN OLEH
    ANGGA DEFRI  PRASTYA
    NPM 1287104
    Prodi Ekonomi Islam/D/IV
    Jurusan Syariah
    SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
    STAIN JURAI SIWO METRO
    T.P 2012-2013





    BAB I

    PENDAHULUAN


    A.  LATAR BELAKANG
    Pada permulaan sampai pertengahan abad 20, manusia telah mencapai penguasaan teknologi yang cukup untuk meninggalkan atmosfer bumi untuk pertama kalinya dan menjelajahi ruang angkasa. Sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu penyebab utama terjadinya era globalisasi yang datangnya lebih cepat dari dugaan semua pihak adalah karena perkembangan pesat teknologi informasi. Implementasi internet, electronic commerce, electronic data interchange, virtual office, telemedicine, intranet, dan lain sebagainya telah menerobos batas-batas fisik antar negara. Penggabungan antara teknologi komputer dengan telekomunikasi telah menghasilkan suatu revolusi di bidang sistem informasi.Teknologi adalah istilah yang merujuk pada apa pun yang dapat dikatakan di setiap periode sejarah tertentu. Teknologi dimulai dengan konversi sumber daya alam menjadi peralatan sederhana. Teknologi membantu manusia dalam segala hal, baik dalam industi, pertanian, perdagangan, perbankan dan lain-lain. Sedangkan Teknologi informasi itu sendiri didefinisikan sebagai teknologi pengolahan dan penyebaran data menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software), komputer, komunikasi, dan elektronik digital. Selain berdampak positif, teknologi juga dapat berdampak negatif bagi manusia. Oleh karena itu Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (IPTEK) ini harus dipahami dan dipelajari, dari sekarang atau sejak dini. Hal ini secara tidak langsung telah mendorong transformasi masyarakat tradisional menjadi masyarakat informasi terutama dalam hal berbisnis perbankan.


    B.   RUMUSAN MASALAH
    Dengan memperhatikan latar belakang masalah di atas, dapat timbul permasalahan sebagai berikut:
    1.      Peranan teknologi informasi.
    2.      Korelasi teknologi informasi dalam perbankan.
    3.      Manfaat teknologi informasi dalam perbankan.

    C.   TUJUAN
    Sesuai dengan permasalahan yang telah di kemukakan di atas, maka tujuan penulisan ini untuk :
    1.      Mengetahui peranan teknologi informasi.
    2.      Mengetahui korelasi teknologi informasi dalam perbankan.
    3.      Mengetahui manfaat teknologi informasi dalam perbankan.










    BAB II
    PEMBAHASAN

    A.    SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
    Sejak dahulu teknologi sudah ada atau manusia sudah menggunakan teknologi. Kalau manusia pada zaman dulu memecahkan kemiri dengan batu atau memetik buah dengan galah, sesungguhnya mereka sudah menggunakan teknologi, yaitu teknologi sederhana. Teknologi sebagai penerapan ilmu-ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lain secara bersistem dan menyistem untuk memecahkan masalah . Technology is the art of utilizing scientific knowledge . Teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman, lebih makmur dan lebih sejahtera. Jadi sejak awal peradaban sebenarnya telah ada teknologi, meskipun istilah “teknologi” belum digunakan. Istilah “teknologi” berasal dari “techne “ atau cara dan “logos” atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara. Pengertian teknologi sendiri menurutnya adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra dan otak manusia. Teknologi sebagai keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia.
    Kemajuan ilmu pengetahuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini.

    B.     PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI
    Peran teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari menjadi sangat penting. Karena perkembangan teknologi sudah semakin pesat sehingga kebutuhan manusia akan teknologi juga semakin banyak. Salah satu saat ini yang memanfaatkan teknologi informasi adalah perusahaan seperti perbankan.Penggunaan IT dalam sebuah perbankan sangatlah penting, untuk menerapkan IT haruslah dilihat karakteristik perbankan tersebut. Apakah dengan IT mampu meningkatkan efisiensi sebuah perusahaan, sehingga dalam penerapan IT dibutuhkan orang yang handal yang dapat berjalan dengan baik. Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi informasi sangat mempengaruhi teknologi komunikasi. Teknologi informasi dan komunikasi seakan-akan tidak dapat dipisahkan, sehingga lahirlah istilah TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) yang sangat populer sekarang ini. Perpaduan keduanya semakin berkembang cepat dengan adanya media Internet. Teknologi internet telah merubah cara orang berkomunikasi.
    Email, merupakan kunci utama perubahan cara berkomunikasi. Dengan hanya mempunyai satu alamat email, kita dapat mengikuti berbagai model komunikasi yang ada di Internet. Beberapa model komunikasi itu, diantaranya :
    1.      Forum.
    2.      Milis/Group.
    3.      Situs jejaring sosial.
    4.      Blog.
    5.      Situs sharing file.
    6.      E-learning menggunakan teleconference.
    Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Teknologi informasi dan komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitas. Beberapa penerapan dari teknologi informasi dan komunikasi antara lain dalam perusahaan, dunia bisnis, sektor perbankan, pendidikan, dan kesehatan. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam perusahaan penerapan teknologi informasi dan komunikasi banyak digunakan para usahawan serta nasabahnya. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan perubahan pada kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprise Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup system manajemen dalam perusahaan, cara lama kebanyakan.
    Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Bisnis Dalam dunia bisnis teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara ektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perbankan Dalam dunia perbankan teknologi informasi dan komunikasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui internet banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindah bukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening. Boleh diakui masyarakat masa kini tidak bisa lepas dari internet. Internet bisa menguntungkan namun terkadang bisa juga merugikan. Empat puluh tahun sejak ditemukan internet terus berevolusi.
     Ada 5 peranan mendasar teknologi informasi di sebuah perusahaan, yaitu:
    1.             Fungsi Operasional akan membuat struktur organisasi menjadi lebih ramping telah diambil alih fungsinya oleh teknologi informasi. Karena sifat penggunaannya yang menyebar di seluruh fungsi organisasi, unit terkait dengan manajemen teknologi informasi akan menjalankan fungsinya sebagai supporting agency dimana teknologi informasi dianggap sebagai sebuah firm infrastructure.
    2.             Fungsi Monitoring and Control mengandung arti bahwa keberadaan teknologi informasi akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan aktivitas di level manajerial embedded di dalam setiap fungsi manajer, sehingga struktur organisasi unit terkait dengannya harus dapat memiliki span of control atau peer relationship yang memungkinkan terjadinya interaksi efektif dengan para manajer di perusahaan terkait.
    3.             Fungsi Planning and Decision mengangkat teknologi informasi ke tataran peran yang lebih strategis lagi karena keberadaannya sebagai enabler dari rencana bisnis perusahaan dan merupakan sebuah knowledge generator bagi para pimpinan perusahaan yang dihadapkan pada realitas untuk mengambil sejumlah keputusan penting sehari-harinya. Tidak jarang perusahaan yang pada akhirnya memilih menempatkan unit teknologi informasi sebagai bagian dari fungsi perencanaan atau pengembangan korporat karena fungsi strategis tersebut di atas.
    4.             Fungsi Communication secara prinsip termasuk ke dalam firm infrastructure dalam era organisasi moderen dimana teknologi informasi ditempatkan posisinya sebagai sarana atau media individu perusahaan dalam berkomunikasi, berkolaborasi, berkooperasi, dan berinteraksi.
    5.             Fungsi Interorganisational merupakan sebuah peranan yang cukup unik karena dipicu oleh semangat globalisasi yang memaksa perusahaan untuk melakukan kolaborasi atau menjalin kemitraan dengan sejumlah perusahaan lain. Konsep kemitraan strategis atau partnerships berbasis teknologi informasi seperti pada implementasi Supply Chain Management atau Enterprise Resource Planning membuat perusahaan melakukan sejumlah terobosan penting dalam mendesain struktur organisasi unit teknologi informasinya. Bahkan tidak jarang ditemui perusahaan yang cenderung melakukan kegiatan pengalih dayaan atau outsourcing sejumlah proses bisnis terkait dengan manajemen teknologi informasinya ke pihak lain demi kelancaran bisnisnya. Tipe dan fungsi peranan teknologi informasi ini secara langsung akan berpengaruh terhadap rancangan atau desain struktur organisasi perusahaan dan struktur organisasi departemen, divisi, atau unit terkait dengan sistem informasi, teknologi informasi, dan manajemen informasi.

    C.     PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER DI PERBANKAN
    Pada awalnya dunia perbankan hanya sebagai jasa tempat penukaran uang  yang saat ini dikenal sebagai kegiatan simpanan (tabungan). Kemudian berkembang lagi sebagai tempat peminjaman uang. Awal kegiatan perbankan dimulai dari zaman babylonia kemudian terus berkembang sampai ke daratan eropa. dan akhirnya berkembang sampai ke asia barat yang di bawa para pedagang eroppa, dan terus berkembang hingga kegiatan perbankan ini menyebar ke seluruh dunia, terutama daerah jajahan eropa. Dalam hal ini, bank bukan hanya sebagai tempat penukaran, penitipan, maupun peminjaman uang. Saat ini bank berkembang menjadi lebih  besar lagi bahkan sekarang ini mempengaruhi ekonomi masyarakat dalam tingkat nasional maupun dalam tingkat internasional. dalam skala yangsangat besar ini tentu bank sangat membutuhkan teknologi informasi untuk pengelolaanya karena bank sudah mencakup lingkup yang sangat besar hingga dunia internasional. penggunaan teknologi informasi dalam bidang perbankan diharapkan dapat mempermudah pihak bank maupun pengguna jasa bank.
    Semakin majunya teknologi di dunia transaksi perbankanpun mulai mengunakan teknologi berbasis komputer untuk mempermudah transaksi dengan nasabah. Semula melayani nasabah dengan harus bertemu atau nasabah datang ke cabang-cabang bank yang disediakan oleh bank yang digunakan untuk menabung atau infertasi menjadi lebih mudah karena bank mulai mengunakan teknologi berbasis komputer dan sekarang sudah bisa mengakses lewat internet bahkan dengan handphone semisal SMS sudah banyak diterapkan bank.
    Dalam dunia perbankan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening. Dalam dunia perbankan, perkembangan teknologi informasi membuat para perusahaan mengubah strategi bisnis dengan menempatkan teknologi sebagai unsur utama dalam proses inovasi produk dan jasa seperti :
    1.      Adanya transaksi berupa Transfer uang via mobile maupun via teller.
    2.      Adanya ATM ( Auto Teller Machine ) pengambilan uang secara cash secara 24 jam.
    3.      Penggunaan Database di bank-bank.
    4.      Sinkronisasi data-data pada Kantor Cabang dengan Kantor Pusat Bank.
    Dengan adanya jaringan komputer tersebut hubungan atau komunikasi bank dengan klien jadi lebih hemat, efisien dan cepat. Contohnya : email, teleconference. Sedangkan di rumah dapat berkomunikasi dengan pengguna lain untuk menjalin silaturahmi (chatting), dan sebagai hiburan dapat digunakan untuk bermain game online, sharing file. Apabila mempunyai lebih dari satu komputer, bisa terhubung dengan internet melalui satu jaringan. Contohnya seperti di warnet atau rumah yang memiliki banyak kamar dan terdapat setiap komputer di dalamnya.
    Pada dunia perbankan, perkembangan teknologi informasi membuat para perusahaan mengubah strategi bisnis dengan menempatkan teknologi sebagai unsur utama dalam proses inovasi produk dan jasa. Seperti halnya pelayanan electronic transaction (e-banking) melalui ATM, phone banking dan Internet Banking misalnya, merupakan bentuk-bentuk baru dari pelayanan bank yang mengubah pelayanan transaksi manual menjadi pelayanan transaksi yang berdasarkan teknologi.
    Berkat kemajuan teknologi di bidang elektronika, komputer mulai berkembang pesat dan semakin dirasakan manfaatnya dalam kehidupan kita. Saat ini komputer sudah menjamur dimana-mana. Bahkan dalam perbankan itu sendiri sangat memerlukan komputer untuk berbagai transaksi, penghitungan kas keluar masuknya uang dalam perbankan, dan mempermudah berbagai akses ke berbagai relasi.
    Jenis produk atau layanan yang ditawarkan dalam sistem teknologi informasi dalam perbankan antara lain :
    1.      Tabungan.
    2.      Deposito.
    3.      Giro.
    4.      Kartu Debit.
    5.      Kartu Kredit.
    6.      Perdagangan Bank Notes, Valas, dsb (Trade Finance).
    Proses dan jenis  transaksi
    Jenis transaski sudah beragam baik menggunakan Kartu Debit maupun Kartu Kredit yang memanfaatkan jaringan ATM atau Debit Access Transaction umumnya di Cashier yang berlokasi di gerai, outlet tempat-tempat perbelanjaan. Sebagai gambaran BRI dengan 1050 kantor online-nya, dilengkapi 4.000 ATM yang mempunyai fungsionalitas memadai, dapat menghandle dengan baik 9,2 juta nasabahnya.
    Dengan jumlah transaksi per hari 4,4 juta. Dari jumlah transksi tersebut rata-rata 971.000 transaski dilakukan melalui ATM. Sedangkan transaksi lainnya yang sudah lazim dilakukan meliputi:
    1.      Mengecek saldo.
    2.      Fasilitas Pembayaran: Pemindahbukuan dan Penarikan Tunai.
    3.      Fasilitas untuk menerima Pembayaran (speed collect).
    4.      Pembukaan dan pengecekan L/C.
    Layanan On Line Banking
    Seperti ungkapan futurolog teknologi Nicholas Negroponte bahwa dunia makin lama makin digital. Hal ini ditengarai oleh pesatnya perkembangan transaksi bisnis dan kegiatan non-bisnis yang makin beralih ke pemanfaatan komputer on-line. Dipicu oleh perkembangan Internet makin meningkatnya kemampuan hardware dan software dengan kecepatan tinggi dan penyebaran komputer makin menyadarkan nasabah bank akan berbagai kemudahan yang didapatkan dengan ketersediaan layanan On-line banking.
    Saat ini standar layanan ritel banking kelas dunia seperti Chase Manhattan Bank, Bank Of America (BOA) bagi nasabahnya bukan saja menyediakan transakasi real-time, namun banyak lagi produk layanan berbasis on-line seperti:
    1.      Packet S/W (Windows) gratis dan tak terbatas sebagai antisipasi memenangkan persaingan teller-less.
    2.      Packet software keuangan (Quicken, MoneyOne, BankNow).
    3.      Packet Entreprise Resourches Planning (ERP software) yang tentunya sangat dibutuhkan dalam mengelola bisnisnya.
    Kesemua software bantuan tadi dapat diakses, berkat tersedianya portal khusus yang dimiliki oleh setiap Bank.

    D.    MANFAAT TEKNOLOGI
    Teknologi saat ini seperti online banking sudah sangat marak penggunanya, internet banking bukan hanya menguntungkan bagi bank itu sendiri. Dengan internet banking yang marak penggunanya saat ini, sekarang nasabah bank tidak perlu datang bank untuk mengambil tabungan, menabung atau sekedar mengecek saldo mereka. Berbagai kemudahan yang di tawarkan oleh banking sekarang ini sudah dapat di manfaatkn oleh sebagian besar nasabah karena saat ini teknologi iformasi sudah dapat dinikmati oleh sebagian besar masyarakat baik dari golongan masyarakat yang berkelas atas hingga bawah. Selain kelebihan-kelebihan tersebut  yang ditawarkan oleh banking kelebihan lainya yaitu misalnya mentransfer uang ke rekening, membayar tagihan listrik, air, bahkan membeli pulsa secara internet, bahkan jual beli pun dapat dilakukan secara online. pelanggan atau nasabah dapat membeli sesuatu hanya dengan mengakses internet dan menggunakan internet banking dari bank masing-masing.  internet banking sekarang juga menawarkan kartu kredit online, pinjaman personal dan akun tabungan dan semua itu dilakukan secara online. Selain nasabah pihak bank sendiri juga diuntungkan bank akan lebih praktis dalam melayani nasabah dalam melakukan transaksi karena jika nasabah melakukan transaksi dengan menggunakan fasilitas online banking maka teller bank tidak perlu melayani nasabah secara manual. sehingga ini memudahkan teller dengan jumlah nasabah yang datang langsung ke bank akan berkurang dan ini akan membuat bank mendapatkan keuntungan yang lebih. Sehingga kesimpulanya semakin banyak nasabah yang menggunakan online banking maka keuntungan yang di dapat oleh bank akan semakin bertambah besar. Pada akhirnya jika pihak bank mendapat keuntungan maka bisa saja bank menawarkan tingkat suku bunga yang lebih tinggi sehingga kembali dapat menguntungkan pelanggan. Menilai dari popularitas yang sekarang online banking akan terus populer  dan digunakan di masa yang akan datang, individual dan pelaku bisnis yang sebelumnya menolak untuk mengadosi online banking sebagai alat komersial, sekarang tidak akan mempunyai banyak pilihan lagi. Kecepatan dalam mengakses online dapat mengalahkan metide tradisinal sepenuhnya. Salah satu pengguna online banking dimasa yang akan datang, menurut Bank of American harus menyediakan kesempatan untuk mengembangkan perbankan didalam cara-cara inovatif yang mengutamakan kecenderungan kelakuan pelanggan atau nasabah, pilihan yang ada dan tren. Ide-ide baru yang dikembangkan harus menerapkan teknologi yang mengungkap wawasan yang mencakup skala sosial dan fisik yang luas dari interaksi dengan pelanggan secara individu menuju kepada transaksi secara global. Perlu dilakukan riset guna menemukan inovasi untuk mengubah dunia perbankkan secara menyeluruh.
    Beberapa manfaat atau fungsi sistem informasi antara lain adalah sebagai berikut:
    1.      Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya prantara sistem informasi.
    2.      Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
    3.      Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
    4.      Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.
    5.      Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.
    6.      Mengantisipasi dan memahami konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari sistem informasi dan teknologi baru.
    7.      Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem.
    8.      Mempermudah dalam bertransaksi.

















    BAB III
    PENUTUP

    A.  KESIMPULAN
    Semakin cepatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi menuntut manusia untuk mencoba membuat perubahan di segala jenis kehidupannya yang tujuannya adalah mendapatkan hasil maupun kondisi yang terbaik yang dapat dicapai. Banyaknya sektor kehidupan yang ada diharapkan membuka inovasi baru bagi kita untuk menciptakan sesuatu yang baru untuk kemajuan peradaban manusia. Karena adanya teknologi ini, keamanan bertransaksipun semakin diawasi guna tidak menyebabkan kerugian bagi nasabah maupun perusahaan.

    B.   ANALISIS
    Kemajuan teknologi memang sama sekali tidak dapat dihindari lagi dalam kehidupan ini karena teknologi akan terus berkembang seiring dengan pertumbuhan ilmu pengetahuan. Sangat disadari sekali bahwa kemajuan teknologi saat ini banyak memberikan manfaat yang begitu besar bagi kehidupan manusia dalam berbagai bidang baik dalam bidang pendidikan, ekonomi, sosial, terutama perbankan dan lain sebagainya. Namun itu semua tidak bisa menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa teknologi mendatangkan berbagai efek negatif juga bagi manusia. Selain sikap individualisme yang tinggi manusia yang terus meningkat yang mana dalam bertransaksi apapun saat ini tidak harus bertatap muka, tindak kriminalitas via online pun makin sulit di kurangi. Untuk itu perkembangan teknologi ini harus diiringi dengan sumber daya manusia yang baik serta tanggung jawab yang baik pula.

    DAFTAR PUSTAKA

    Randy V.Akriyono. (2013). Database Sistem Informasi Bank BRI. PT. Bank Rakyat Indonesia
    Alisyahbana, Iskandar. 1980. Teknologi dan perkembangan. Jakarta : Yayasan Idayu

     

    0 komentar:

    Posting Komentar