Senin, 02 Juni 2014

Tagged Under: ,

Internet Sebagai Media Perdagangan Online

By: Unknown On: 02.02
  • Share The Gag


  • Internet Sebagai Media Perdagangan Online
    A.    Pengertian Perdagangan Online
    Internet memiliki banyak dampak positif terutama pada media perdagangan online yang mana tidak hanya sebagai jejaring sosial media biasa yang memang memiliki fungsi lain bagi toko-toko pedagangan online, dan juga pebisnis online. Sosial media merupakan senjata ampuh untuk mengenali, mempromosikan nama suatu barang atau jasa pada suatu situs bisnis kepada para pelanggan di seluruh belahan bumi. Bisnis dengan cara demikian dijalankan secara online di internet (e-commerce). Prinsipnya sama seperti menjalankan bisnis offline, ada produk, ada jasa, ada nilai tambah yang perlu dijual agar bisa menghasilkan uang. Tapi bedanya, bisnisnya dijalankan secara online di internet. Pemasaran dilakukan melalui internet dan transaksi dapat melalui internet. Jadi bisnis online dapat memberi untung yang besar yang menjalankan tersebut asalkan ada keserius dalam menjalankan bisnis tersebut. Banyak orang menggunakan alasan kemampuan serta modal dan kondisi perekonomian saat ini sebagai alasan untuk menunda dan tidak memulai usaha atau bisnis. Jika alasan tidak punya modal, maka solusinya menjalankan usaha atau bisnis melalui internet. Karena menjalankan usaha atau bisnis di internet tidak mengeluarkan modal besar.
    B.     Keuntungan Dari Perdagangan Online
    1.      Modal promosi yang relatif kecil
    Untuk membangun bisnis online maka dapat dimulai dalam skala mikro bisnis. Artinya setiap calon pengusaha berpeluang menjadi pengusaha tanpa dibatasi kendala lokasi di mana dia berada sehingga transaksi yang sulit dilakukan sekalipun dapat terjadi. Biaya yang terbesar untuk membangun bisnis online adalah dalam penyiapan produknya dan membangun web penjualan online atau toko online. Kedua hal tersebut pun dapat diminimalkan. Untuk membangun sebuah barang dan jasa di produk yang akan promosikan dan di jual maka dapat meminimalkan biayanya. Sedangkan untuk membangun toko online dapat diminimalkan dengan tersedianya open source untuk mengembangkannya.
    2.      Jaringan yang tidak terbatas
    Pasar yang dapat dituju dalam bisnis online adalah skala global yang berarti dibelahan dunia manapun dapat diketahui oleh siapapun. Membuat produk yang dapat diterima secara global menjadi salah satu aspek yang harus dipertimbangkan ketika akan memulai bisnis online ini.
    3.      Biaya oprasional yang rendah
    Dengan yang dimaksud demikian adalah tidak harus menyewa tempat atau toko untuk membangun bisnis anda. Pembuatan toko online jauh lebih mudah dan praktis dari pada menyewa sebuah bangunan untuk suatu toko. Toko online yang dimaksud tidak perlu dijaga dan layanan terhadap pembeli dapat di otomatisasi dengan penambahan fitur pada toko online.
    4.      Kemudahan dalam bertransaksi
    Dengan perdagangan online maka pengunjung dapat melakukan proses pembelian kapan saja mereka menginginkan. Pengunjung dapat juga seolah-olah merasa dilayani karena ditunjang oleh sistem otomatisasi secara online. Sehingga tanpa penjaga, toko online dapat beroperasi dan bertransaksi 24 jam. Dengan sistem pembayaran yang dimuka yang telah menjadi standar dari bisnis online sangat mengurangi resiko dari pelaku bisnis online. Dengan tersedianya internet banking dari sebagian besar bank besar di Indonesia sehingga dapat memonitor transaksi lokal dengan mudah, untuk transaksi global juga dapat menggunakan paypal yang telah diterima oleh sebagian besar bank besar di Indonesia. Di tunjang dengan otomatisasi metoda pembayaran maka pengelolaan pembayaran menjadi efesien sehingga mengurangi biaya diluar biaya barang.
    5.      Sistem promosi yang Mudah dan murah.
    Promosi secara online lewat milis-milis dan forum diskusi praktis hanya membutuhkan kemampuan produsen dalam menulis materi promosi yang menjual dan biaya akses internet dengan tampilan unik dan menarik sehingga pengunjung tertarik.

    C.     Kekurangan Dari Perdagangan Internet
    1.      Banyak terjadi penipuan
    Penipuan akan terjadi jika pebisnis tersebut tidak memikirkan secara matang resiko dari usaha Online yang akan di buka. Resiko tersebut biasanya karena perkembangan teknologi sehingga orang dengan mudah membuat software yang digunakan untuk menipu orang atau membobol bank/ATM. Oleh karena itu baik produsen dan konsumen wajib berhati-hati jika ingin memulai transaksi bisnis secara Online.
    2.      Hanya bisa menjangkau daerah yang terakses internet
    Salah satu unsur penting dalam memulai bisnis online yaitu harus bisa terkoneksi Internet hal ini juga sangat menyulitkan pebisnis karena di Indonesia Koneksi Internet masih relatif mahal dan koneksinya masih sulit serta untuk mendapatkannya juga susah karena baru dipasang di sebagian daerah saja.
    3.      Belum ada Undang-undang mengatur internet marketing
    Ini yang menjadi salah satu kendala dalam menjalani bisnis Online karena dengan mudah Orang-orang melakukan penipuan. Seharusnya ada Undang-undang yang mengatur semuanya agar semua penipu atau penjahat di dunia internet bisa diatasi dengan begitu para pelaku bisnis atau orang yang akan memulai bisnis secara Online tidak lagi khawatir akan adanya penipuan.

    D.    Cara Menjaring Konsumen
    Bisnis online sendiri dirasa sangat efektif untuk memasarkan barang atau produk dikarenakan pengguna internet yang semakin meningkat disetiap periodenya. Keunggulan yang didapat dari bisnis online yaitu konsumen tidak perlu repot-repot berjalan untuk menemukan barang yang dicarinya. Mereka cukup mengakses internet untuk menemukan barang yang diinginkannya. Walau terlihat mudah, memulai bisnis online ternyata tidak segampang yang dibayangkan. Diperlukan trik serta strategi tersendiri agar bisnis online Anda bisa dikenal banyak orang dan tentunya mudah ditemukan ketika mencarinya di mesin pencarian seperti Google atau yang lainnya. Berikut cara atau trik yang perlu dilakukan, agar bisnis online Anda dapat dengan mudah ditemukan dan dikenali oleh calon konsumen.
    1.      SEO (Search Engine Optimization)
    SEO adalah suatu cara atau teknik untuk membuat situs atau blog berada pada halaman/posisi satu di mesin pencarian (search engine). Dimana nantinya teknik SEO yang tepat membuat situs atau blog  dengan mudah ditemukan di mesin pencarian seperti Google dan sejenisnya dengan kata kunci yang ditarget. SEO sangat penting bagi  yang ingin membangun bisnis di bidang online. Karena teknik tersebut akan memudahkan konsumen untuk menemukan dan melirik produk yang ditawarkan di internet. Selain itu, Teknik SEO yang tepat akan menarik para pengunjung internet ke situs atau blog yang berisikan penawaran atas produk Anda.
    2.      Iklan
    Beriklan, merupakan pilihan yang tepat untuk para advertiser, brand, digital agency memasarkan produk barang atau jasanya di internet. Tujuan beriklan sendiri yaitu untuk mengenalkan brand atau produk yang di tawarkan. Nantinya iklan itu sendiri akan berdampak terhadap banyak atau tidaknya konsumen yang menyukai dan membeli produk.
    3.      Konten Marketing
    Buatlah konten semenarik mungkin yang nantinya dimasukkan pada situs atau blog yang berisikan barang-barang dagangan yang ditawarkan. Konten itu bisa saja artikel, foto, video, infografis, dan sebagainya yang dapat membuat calon pengunjung situs tertarik untuk membeli. Tentu konten tersebut berpengaruh terhadap teknik SEO. Jadi buatlah semenarik mungkin sehingga Google juga menyukainya. Selain membuat konten, Sebuah webinar (seminar di web) dirasa perlu dilakukan. Webinar adalah versi online seminar yang biasa kita hadiri. Jika webinar disaksikan oleh banyak orang, peluang produk/ layanan Anda dikenal pasar akan jauh lebih baik.
    4.      Search Engine Marketing
    Membuat Iklan pay per click (PPC) merupakan cara efektif untuk menjaring konsumen saat menjelejahi web dengan mesin pencarian seperti Google, Yahoo dan lainnya. Hal ini sangat praktis, dikarenakan pengunjung situs biasanya suka tertarik dengan iklan dan langsung meng klik-nya. Dalam Search Engine Marketing atau marketing di mesin pencari, sehingga bisa beriklan dengan memasang kata-kata promosi di dalamnya.
    5.      Mobile Friendly
    Pengguna mobile (smartphone dan tablet) terbilang sudah sangat banyak. Keunggulan yang ditawarkan tentu mempermudah mereka para pengguna untuk mengakses berbagai situs menggunakan perangkat mobile yang ada. Menjadikan situs Anda mobile friendly (tertampil baik dan mudah dijelajahi saat diakses dari perangkat mobile), dapat memberikan banyak keuntungan tentunya. Dimana calon konsumen bisa dengan mudah mengaksesnya melalui mobile mereka.

    E.     Analisis SWOT Perdagangan Online
    Tujuan dari analisis SWOT adalah untuk membangun Kekuatan Anda dan meminimalkan kelemahan. Anda harus cepat untuk mengambil keuntungan dari peluang yang ada dan mencoba untuk mengurangi ancaman dari luar. Di dalam dunia ecomerce, di mana perubahan berlangsung sangat cepat, Anda harus sering melakukannya, setidaknya setahun sekali. Sebuah analisis SWOT membutuhkan banyak waktu. Meskipun Anda dapat melakukannya sendiri, sering lebih baik untuk membawa konsultan dari luar yang memiliki perspektif yang lebih obyektif. Pelanggan Anda dapat menjadi sumber informasi yang baik. Cobalah untuk mendapatkan feedback dari mereka. Pengusaha e-commerce online shop harus dapat membandingkan hasil kerja mereka dengan penjual online lainnya dan juga dengan retailer offline. Situasi pasar sangat mudah untuk berubah yang 5 tahun lalu dianggap sebagai “opportunity” sekarang mungkin sudah bukan lagi. Misalnya, sepuluh tahun yang lalu salah satu keuntungan dari situs e-commerce adalah bisa berbelanja 24/7 sementara toko offline tidak. Sekarang hampir semua retailer offline tradisional di US memiliki website yang bersaing dengan seller yang hanya menjual di online selama 24 jam sehari.
    1.      Strenght (kekuatan)
    Kekuatan meliputi kemampuan internal, sumber daya, dan faktor situasional positif yang dapat membantu perusahaan melayani pelanggannya dan mencapai tujuannya (Kotler & Armstrong, 2008:64), yakni:
    a.       Bermacam-macam produk yang di tawarkan.
    b.      Produk yang di tawarkan berkualitas.
    c.       Harga kompetitif.
    d.      Ketersediaan barang dijamin.
    e.       Kepuasan pelanggan terjamin.
    2.      Weakness (kelemahan)
    a.       Banyak mayarakat yang belum tahu tentang bisnis online ini.
    b.      Rentan terhadap kecurangan e-commerce seperti hacker.
    c.       Banyak masyarakat yang belum mempunyai akun paypal.
    d.      Banyak pesaing di luar sana yang lebih bagus lagi.
    3.      Opportunity ( Peluang )
    Dalam era globalisasi sekarang ini, internet telah menjadi bagian dari setiap kehidupan masyarakat, penggunaan internet secara positif mampu memberikan banyak manfaat kepada penggunanya. Banyak informasi yang didapat dari internet, bahkan internet juga telah dijadikan media bisnis seperti penjualan barang secara online, dan juga media pembelajaran. Banyak pula peluang yang dapat kita ambil, seperti :
    a.       Memberikan keuntungan yang cukup besar.
    b.      Prospek atau peluangnya cukup besar untuk dikembangkan.
    c.       Permintaan pasar dijaman yang modern ini semakin meningkat.
    4.      Threat ( Ancaman )
    a.       Banyak jenis usaha yang sama sebagai pesaing.
    b.      Persaingan dalam pemasaran yang semakin ketat.
    c.       Dalam era global seperti sekarang ini persaingan tidak hanya ada pada lingkup dalam negeri tapi seluruh dunia adalah pesaing kita.
    F.      Penutup
    Dengan demikian bahwa Bisnis Online adalah suatu kegiatan atau aktifitas yang dilakukan di media internet untuk menghasilkan keuntungan. Seperti halnya sebuah kegiatan bisnis di kehidupan nyata, bisnis online yang di jalankan via Internet ini pun memiliki tujuan yang sama yaitu menghasilkan suatu keuntungan serta dengan efektif dan efisien.

    0 komentar:

    Posting Komentar