Internet Sebagai Media Perdagangan
Online
A. Pengertian
Perdagangan Online
Internet memiliki banyak dampak positif
terutama pada media perdagangan online yang mana tidak hanya sebagai jejaring sosial
media biasa yang memang memiliki fungsi lain bagi toko-toko pedagangan online,
dan juga pebisnis online. Sosial media merupakan senjata ampuh untuk mengenali,
mempromosikan nama suatu barang atau jasa pada suatu situs bisnis kepada para
pelanggan di seluruh belahan bumi. Bisnis dengan cara demikian dijalankan
secara online di internet (e-commerce). Prinsipnya sama seperti menjalankan
bisnis offline, ada produk, ada jasa, ada nilai tambah yang perlu dijual agar
bisa menghasilkan uang. Tapi bedanya, bisnisnya dijalankan secara online di internet.
Pemasaran dilakukan melalui internet dan transaksi dapat melalui internet. Jadi
bisnis online dapat memberi untung yang besar yang menjalankan tersebut asalkan
ada keserius dalam menjalankan bisnis tersebut. Banyak orang menggunakan alasan
kemampuan serta modal dan kondisi perekonomian saat ini sebagai alasan untuk
menunda dan tidak memulai usaha atau bisnis. Jika alasan tidak punya modal,
maka solusinya menjalankan usaha atau bisnis melalui internet. Karena menjalankan
usaha atau bisnis di internet tidak mengeluarkan modal besar.
B. Keuntungan
Dari Perdagangan Online
1. Modal
promosi yang relatif kecil
Untuk
membangun bisnis online maka dapat dimulai dalam skala mikro bisnis. Artinya
setiap calon pengusaha berpeluang menjadi pengusaha tanpa dibatasi kendala
lokasi di mana dia berada sehingga transaksi yang sulit dilakukan sekalipun
dapat terjadi. Biaya yang terbesar untuk membangun bisnis online adalah dalam
penyiapan produknya dan membangun web penjualan online atau toko online. Kedua
hal tersebut pun dapat diminimalkan. Untuk membangun sebuah barang dan jasa di
produk yang akan promosikan dan di jual maka dapat meminimalkan biayanya.
Sedangkan untuk membangun toko online dapat diminimalkan dengan tersedianya
open source untuk mengembangkannya.
2. Jaringan
yang tidak terbatas
Pasar
yang dapat dituju dalam bisnis online adalah skala global yang berarti
dibelahan dunia manapun dapat diketahui oleh siapapun. Membuat produk yang
dapat diterima secara global menjadi salah satu aspek yang harus
dipertimbangkan ketika akan memulai bisnis online ini.
3. Biaya
oprasional yang rendah
Dengan
yang dimaksud demikian adalah tidak harus menyewa tempat atau toko untuk
membangun bisnis anda. Pembuatan toko online jauh lebih mudah dan praktis dari
pada menyewa sebuah bangunan untuk suatu toko. Toko online yang dimaksud tidak
perlu dijaga dan layanan terhadap pembeli dapat di otomatisasi dengan penambahan
fitur pada toko online.
4. Kemudahan
dalam bertransaksi
Dengan
perdagangan online maka pengunjung dapat melakukan proses pembelian kapan saja
mereka menginginkan. Pengunjung dapat juga seolah-olah merasa dilayani karena
ditunjang oleh sistem otomatisasi secara online. Sehingga tanpa penjaga, toko
online dapat beroperasi dan bertransaksi 24 jam. Dengan sistem pembayaran yang
dimuka yang telah menjadi standar dari bisnis online sangat mengurangi resiko
dari pelaku bisnis online. Dengan tersedianya internet banking dari sebagian
besar bank besar di Indonesia sehingga dapat memonitor transaksi lokal dengan
mudah, untuk transaksi global juga dapat menggunakan paypal yang telah diterima
oleh sebagian besar bank besar di Indonesia. Di tunjang dengan otomatisasi
metoda pembayaran maka pengelolaan pembayaran menjadi efesien sehingga
mengurangi biaya diluar biaya barang.
5. Sistem
promosi yang Mudah dan murah.
Promosi
secara online lewat milis-milis dan forum diskusi praktis hanya membutuhkan
kemampuan produsen dalam menulis materi promosi yang menjual dan biaya akses
internet dengan tampilan unik dan menarik sehingga pengunjung tertarik.
C. Kekurangan
Dari Perdagangan Internet
1. Banyak
terjadi penipuan
Penipuan
akan terjadi jika pebisnis tersebut tidak memikirkan secara matang resiko dari
usaha Online yang akan di buka. Resiko tersebut biasanya karena perkembangan
teknologi sehingga orang dengan mudah membuat software yang digunakan untuk
menipu orang atau membobol bank/ATM. Oleh karena itu baik produsen dan konsumen
wajib berhati-hati jika ingin memulai transaksi bisnis secara Online.
2. Hanya
bisa menjangkau daerah yang terakses internet
Salah
satu unsur penting dalam memulai bisnis online yaitu harus bisa terkoneksi
Internet hal ini juga sangat menyulitkan pebisnis karena di Indonesia Koneksi
Internet masih relatif mahal dan koneksinya masih sulit serta untuk
mendapatkannya juga susah karena baru dipasang di sebagian daerah saja.
3. Belum
ada Undang-undang mengatur internet marketing
Ini
yang menjadi salah satu kendala dalam menjalani bisnis Online karena dengan
mudah Orang-orang melakukan penipuan. Seharusnya ada Undang-undang yang mengatur
semuanya agar semua penipu atau penjahat di dunia internet bisa diatasi dengan
begitu para pelaku bisnis atau orang yang akan memulai bisnis secara Online
tidak lagi khawatir akan adanya penipuan.
D. Cara
Menjaring Konsumen
Bisnis online sendiri dirasa sangat efektif untuk
memasarkan barang atau produk dikarenakan pengguna internet yang semakin
meningkat disetiap periodenya. Keunggulan yang didapat dari bisnis online yaitu
konsumen tidak perlu repot-repot berjalan untuk menemukan barang yang
dicarinya. Mereka cukup mengakses internet untuk menemukan barang yang
diinginkannya. Walau terlihat mudah, memulai bisnis online ternyata tidak
segampang yang dibayangkan. Diperlukan trik serta strategi tersendiri agar
bisnis online Anda bisa dikenal banyak orang dan tentunya mudah ditemukan
ketika mencarinya di mesin pencarian seperti Google atau yang lainnya. Berikut
cara atau trik yang perlu dilakukan, agar bisnis online Anda dapat dengan mudah
ditemukan dan dikenali oleh calon konsumen.
1. SEO
(Search Engine Optimization)
SEO
adalah suatu cara atau teknik untuk membuat situs atau blog berada pada
halaman/posisi satu di mesin pencarian (search engine). Dimana nantinya teknik
SEO yang tepat membuat situs atau blog
dengan mudah ditemukan di mesin pencarian seperti Google dan sejenisnya
dengan kata kunci yang ditarget. SEO sangat penting bagi yang ingin membangun bisnis di bidang online.
Karena teknik tersebut akan memudahkan konsumen untuk menemukan dan melirik
produk yang ditawarkan di internet. Selain itu, Teknik SEO yang tepat akan
menarik para pengunjung internet ke situs atau blog yang berisikan penawaran
atas produk Anda.
2. Iklan
Beriklan,
merupakan pilihan yang tepat untuk para advertiser, brand, digital agency
memasarkan produk barang atau jasanya di internet. Tujuan beriklan sendiri
yaitu untuk mengenalkan brand atau produk yang di tawarkan. Nantinya iklan itu
sendiri akan berdampak terhadap banyak atau tidaknya konsumen yang menyukai dan
membeli produk.
3. Konten
Marketing
Buatlah
konten semenarik mungkin yang nantinya dimasukkan pada situs atau blog yang
berisikan barang-barang dagangan yang ditawarkan. Konten itu bisa saja artikel,
foto, video, infografis, dan sebagainya yang dapat membuat calon pengunjung
situs tertarik untuk membeli. Tentu konten tersebut berpengaruh terhadap teknik
SEO. Jadi buatlah semenarik mungkin sehingga Google juga menyukainya. Selain
membuat konten, Sebuah webinar (seminar di web) dirasa perlu dilakukan. Webinar
adalah versi online seminar yang biasa kita hadiri. Jika webinar disaksikan
oleh banyak orang, peluang produk/ layanan Anda dikenal pasar akan jauh lebih
baik.
4. Search
Engine Marketing
Membuat
Iklan pay per click (PPC) merupakan cara efektif untuk menjaring konsumen saat
menjelejahi web dengan mesin pencarian seperti Google, Yahoo dan lainnya. Hal
ini sangat praktis, dikarenakan pengunjung situs biasanya suka tertarik dengan
iklan dan langsung meng klik-nya. Dalam Search Engine Marketing atau marketing
di mesin pencari, sehingga bisa beriklan dengan memasang kata-kata promosi di
dalamnya.
5. Mobile
Friendly
Pengguna
mobile (smartphone dan tablet) terbilang sudah sangat banyak. Keunggulan yang
ditawarkan tentu mempermudah mereka para pengguna untuk mengakses berbagai
situs menggunakan perangkat mobile yang ada. Menjadikan situs Anda mobile
friendly (tertampil baik dan mudah dijelajahi saat diakses dari perangkat
mobile), dapat memberikan banyak keuntungan tentunya. Dimana calon konsumen
bisa dengan mudah mengaksesnya melalui mobile mereka.
E. Analisis
SWOT Perdagangan Online
Tujuan dari analisis SWOT adalah untuk membangun
Kekuatan Anda dan meminimalkan kelemahan. Anda harus cepat untuk mengambil
keuntungan dari peluang yang ada dan mencoba untuk mengurangi ancaman dari
luar. Di dalam dunia ecomerce, di mana perubahan berlangsung sangat cepat, Anda
harus sering melakukannya, setidaknya setahun sekali. Sebuah analisis SWOT
membutuhkan banyak waktu. Meskipun Anda dapat melakukannya sendiri, sering
lebih baik untuk membawa konsultan dari luar yang memiliki perspektif yang
lebih obyektif. Pelanggan Anda dapat menjadi sumber informasi yang baik.
Cobalah untuk mendapatkan feedback dari mereka. Pengusaha e-commerce online
shop harus dapat membandingkan hasil kerja mereka dengan penjual online lainnya
dan juga dengan retailer offline. Situasi pasar sangat mudah untuk berubah yang
5 tahun lalu dianggap sebagai “opportunity” sekarang mungkin sudah bukan lagi.
Misalnya, sepuluh tahun yang lalu salah satu keuntungan dari situs e-commerce
adalah bisa berbelanja 24/7 sementara toko offline tidak. Sekarang hampir semua
retailer offline tradisional di US memiliki website yang bersaing dengan seller
yang hanya menjual di online selama 24 jam sehari.
1. Strenght
(kekuatan)
Kekuatan
meliputi kemampuan internal, sumber daya, dan faktor situasional positif yang
dapat membantu perusahaan melayani pelanggannya dan mencapai tujuannya (Kotler
& Armstrong, 2008:64), yakni:
a. Bermacam-macam
produk yang di tawarkan.
b. Produk
yang di tawarkan berkualitas.
c. Harga
kompetitif.
d. Ketersediaan
barang dijamin.
e. Kepuasan
pelanggan terjamin.
2. Weakness
(kelemahan)
a. Banyak
mayarakat yang belum tahu tentang bisnis online ini.
b. Rentan
terhadap kecurangan e-commerce seperti hacker.
c. Banyak
masyarakat yang belum mempunyai akun paypal.
d. Banyak
pesaing di luar sana yang lebih bagus lagi.
3. Opportunity
( Peluang )
Dalam
era globalisasi sekarang ini, internet telah menjadi bagian dari setiap
kehidupan masyarakat, penggunaan internet secara positif mampu memberikan
banyak manfaat kepada penggunanya. Banyak informasi yang didapat dari internet,
bahkan internet juga telah dijadikan media bisnis seperti penjualan barang
secara online, dan juga media pembelajaran. Banyak pula peluang yang dapat kita
ambil, seperti :
a. Memberikan
keuntungan yang cukup besar.
b. Prospek
atau peluangnya cukup besar untuk dikembangkan.
c. Permintaan
pasar dijaman yang modern ini semakin meningkat.
4. Threat
( Ancaman )
a. Banyak
jenis usaha yang sama sebagai pesaing.
b. Persaingan
dalam pemasaran yang semakin ketat.
c. Dalam
era global seperti sekarang ini persaingan tidak hanya ada pada lingkup dalam
negeri tapi seluruh dunia adalah pesaing kita.
F. Penutup
Dengan demikian bahwa Bisnis Online adalah suatu kegiatan atau aktifitas yang dilakukan
di media internet untuk menghasilkan keuntungan. Seperti halnya sebuah kegiatan
bisnis di kehidupan nyata, bisnis online yang di jalankan via Internet ini pun
memiliki tujuan yang sama yaitu menghasilkan suatu keuntungan serta dengan
efektif dan efisien.
0 komentar:
Posting Komentar